Hindari Penipuan! Inilah 6 Cara Melacak No Hp yang Tidak Dikenal

Beberapa orang mungkin pernah menerima telepon atau pesan dari nomor yang tidak mereka kenal. Ketika hal ini terjadi, Anda pasti akan tertarik untuk mengetahui pemilik nomor telepon tersebut. Saat ini ada metode untuk melacak nomor HP yang tidak dikenal untuk mencegah penipuan.

Cara ini memungkinkan Anda mengidentifikasi pemilik nomor HP tersebut. Kemudian, jika ada panggilan dari nomor itu kembali, Anda dapat memilih untuk mengangkat atau mengabaikan panggilan tersebut. Ada beberapa cara untuk melacak nomor HP:

  1. Menggunakan Aplikasi Truecaller: Aplikasi ini dapat membantu mengidentifikasi nomor HP yang tidak dikenal. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat mengetahui apakah nomor yang tengah dihubungi penting atau justru penipu.

Selain itu, nomor telepon yang dianggap spam atau penipuan juga akan diwarnai merah. Untuk menggunakan Truecaller, Anda dapat membeli versi berbayar atau gratis di Play Store. Ini adalah cara untuk menggunakannya:

Setelah Anda mendownload aplikasi Truecaller di Play Store, pilih menu “Buka” dan berikan izin akses untuk aplikasi.
Setelah memasukkan nomor HP pribadi, masukkan nama dan alamat email dan klik lanjutan untuk verifikasi.
Selanjutnya, Truecaller akan menampilkan detail kontak yang dihubungi.

  1. Melacak dengan Getcontact: Anda juga dapat menggunakan Getcontact untuk melacak nomor HP yang tidak dikenal. Aplikasi ini sangat disukai karena dapat mengetahui nama pengguna dari nomor telepon. Selain itu, aplikasi Getcontact sangat mudah digunakan. Ikuti langkah-langkah ini:

Setelah mengunduh aplikasi Getcontact, buka aplikasi. Klik Persetujuan dan lanjutkan, lalu pilih Mulai Sekarang untuk memulai.
Daftar akun Getcontact dan verifikasi kode.
Jika sudah, masukkan nomor HP pemilik yang ingin dilacak.
Setelah Anda klik cari, informasi nama kontak akan muncul. Anda dapat melihat nama kontak tambahan dengan mengklik “More Tag”.
Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi siapa yang menyimpan nomor pengguna dengan nama apa.

  1. Melacak nomor HP seseorang dengan Situs Kredibel: Pengguna dapat menemukan informasi tentang nomor yang mencurigakan di situs ini. Pengguna bahkan dapat mengetahui apakah nomor tersebut pernah digunakan untuk penipuan. Sebagai contoh, ini sangat sederhana untuk digunakan:

Buka web browser Anda terlebih dahulu.
Kemudian, kunjungi situs web Kredibel.
Daftarkan nomor telepon yang akan dilacak.
Kredibel akan menampilkan informasi tentang status pemilik nomor tersebut.
Situs ini digunakan untuk memberikan informasi, bukan untuk menentukan nomor telepon tersebut penipuan. Namun, itu juga dapat digunakan untuk mengetahui nomor rekening yang dilaporkan menipu. Hal ini dapat mencegah penipuan yang dilakukan oleh orang asing.

  1. Menggunakan Aplikasi Kontrol Panggilan: Jika Anda sering menerima telepon dari nomor yang tidak dikenal, coba gunakan aplikasi Kontrol Panggilan untuk melacak pemiliknya. Aplikasi ini juga sangat mudah untuk melacak nomor HP yang tidak dikenal.

Call Control memungkinkan untuk mengetahui apakah nomor asing pernah terdaftar sebagai penipuan HRD, telemarketing, dan lainnya. Segera blokir nomor tersebut jika terbukti menipu.

Call Control hampir mirip dengan Getcontact dan Truecaller. Yang membedakan aplikasi ini adalah tampilannya. Fungsinya sama, yaitu mengetahui atau melacak nomor HP seseorang, sehingga pengguna dapat lebih berhati-hati ketika menerima panggilan dari nomor asing.

  1. Menggunakan Sync.ME: Sync.Me memungkinkan pengguna melihat foto pemilik nomor telepon dan mengetahui nama pemiliknya. Selain itu, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk menemukan panggilan spam, robocall, dan telemarketer.

Oleh karena itu, jika nomor tersebut dianggap berbahaya, pengguna dapat segera menolaknya. Jika Anda merasa terganggu oleh panggilan terus menerus, Anda dapat memasukkan nomor tersebut ke dalam daftar hitam sehingga nomor HP tersebut tidak dapat dihubungi lagi.

Oleh karena itu, aplikasi ini dapat menolak panggilan aneh dan panggilan yang terdaftar dalam daftar hitam. Pengguna dapat langsung mengetahui siapa yang menghubungi apabila muncul panggilan dari nomor tidak dikenal.

  1. Menggunakan Aplikasi telGuarder: telGuarder adalah aplikasi tambahan yang dapat digunakan untuk melacak nomor HP yang tidak diketahui. Salah satu keunggulan teGuarder adalah dapat memberikan peringatan otomatis kepada pengguna apabila panggilan dianggap spam.

Pengguna dapat menolak panggilan dengan cepat dan memblokir panggilan apabila ingin nomor tersebut tidak menghubungi lagi. Pada akhirnya, mereka dapat melaporkan nomor tersebut jika sudah mengetahui bahwa itu adalah nomor penipu.

Hal ini akan mendorong orang lain untuk menjadi lebih berhati-hati dan menghindari penipuan. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi teGuarder, Anda hanya perlu mendownload aplikasi dan mendaftar di App Store dan Play Store.

Ini adalah beberapa metode termudah untuk melacak nomor HP yang tidak diketahui. Dengan beberapa metode ini, pengguna tidak perlu khawatir jika nomor asing menghubungi mereka. Tentu saja, hal ini juga dapat mengurangi risiko penipuan dan kerugian lainnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *